Breaking News

Saturday, January 7, 2017

Merakit PC Gaming Murah 1,2 Juta

PC Game
Assalamualaikum

Cara Memilih Komponen dan merakit PC atau Personal Computer game dengan harga murah

Kenapa saya menulis artikel ini? karena saya habis berkelana di Google dan melihat banyak artikel Merakit PC Gaming murah, jadi ingat perjuangan saya membangun komputer dengan harga yang kecil. Jadi coba baca sampai selesai agar anda mendapat inspirasi yang mungkin berguna. Oh iya sebelum itu lebih baik saya bertanya.

Apa kabar sodara-sodara? Mudah-mudahan sehat selalu seperti saya di sini. Kembali lagi di Blog saya ini Cara P-Luz, haha sekarang saya jarang buat artikel karena bingung mau bahas apa ya. Oke tidak masalah, tapi yang pasti sekarang saya akan buat sebuah artikel tentang bagaimana cara merakit komputer murah 1 jutaan, tidak-tidak maksud saya lebih tepatnya komputer yang bisa digunakan untuk bermain game tapi dengan harga yang semurah mungkin. Tapi sebelum itu saya peringatkan dulu kepada kalian, bahwa jangan harap dapat PC Game High-End, hahaha.
Kalau PC Game Low-End mungkin masih bisa disebut seperti itu, tapi saya juga tidak yakin, saya akan menyebutnya PC Game VeryVeryLow-End hahaha.


Oke, hal pertama yang kita harus perhatikan saat akan membangun sebuah komputer alangkah baiknya kita pikirkan untuk apa komputer itu nantinya setelah selesai dirakit. Apakah untuk bermain game, untuk mengedit sebuah video dan foto, atau hanya sekedar untuk mengerjakan tugas dan menonton film atau berselancar di Internet saja. Tapi percaya atau tidak, kamu yang sudah ke sini pasti membutuhkan pencerahan untuk membuat komputer gaming dengan dana terbatas kan? hehe udah ngaku aja deh.
Jujur dulu saya saat akan membangun komputer yang saya gunakan untuk mengetik artikel ini dan untuk bermain game, saya berkelana dan berkeliling belahan dunia (ini bohong). Saya mencari pencerahan di Internet juga seperti kalian, dan mencari-cari komponen komputer yang paling murah di Toko Online, haha.

Tapi tidak jadi masalah buat saya dengan uang yang super tipis tapi ingin bermain game-game yang lumayan lah. Sedikit catatan PC saya terdahulu itu biasa saya gunakan untuk bermain PES 6, Underground 2, GTA San Andreas, dan game-game yang bisa kita katakan bahwa itu game yang ringan tetapi saya harus setting semua game itu dengan settingan low dan monitor masih tabung, hehe. Sedih memang, tetapi dengan komputer jadul itu saya bereksperimen (ini bohong), maksudnya saya belajar segala hal dengan komputer saya tersebut.

Dana yang saya punya

Berapa sih dana yang saya punya saat itu untuk membangun komputer yang bisa untuk bermain game-game yang terbilang lebih bagus dari komputer terdahulu saya? Uang saya waktu itu 1 juta rupiah, haha mimpi sekali ingin main game bagus. Dengan modal uang 1 juta itu saya memberanikan diri mencari komponen di Internet, kenapa tidak cari di toko-toko atau tukang service komputer di pinggir jalan? karena itu masih termasuk mahal buat saya dengan uang segitu jika untuk bermain game, hahaha. Sebagai Catatan dengan uang segitu jika ingin dapat spek yang lumayan kita harus ikhlas dapat barang seken alias bekas, tapi tidak apa-apa buat saya.

Langkah Mencari Barang

Pertama kali saya mencari-cari di Toko Online dan ada satu toko yang menurut saya barangnya lumayan oke tapi harga murah banget, saya dapat di Tokopedia. Saya terus berdoa sehabis sholat untuk diberikan ketenangan oleh Allah SWT. agar saya tenang saat melakukan pembelian, haha lebay banget ya. Kenapa saya begitu khawatir? Pertama orang tua saya itu kurang percaya dengan segala transaksi yang berbau online, karena kita tidak bisa melihat barang yang akan kita beli ini. Kedua saya belum pernah bertransaksi secara online, karena saya masih pelajar dan belum memiliki ATM jadi saya membayar lewat Ind*maret. Setelah yakin saya putuskan untuk membelinya.

Barang yang saya pesan itu adalah:

Processor Intel Core 2 Duo E8400

Saya memilih Processor ini karena murah dan cukup bagus untuk seri Core 2 Duo yang sudah lumayan jika untuk bermain game. Dengan spesifikasi cache 6M L2 dan 3.00GHz saya bisa tebus dengan harga Rp 114.000,00. Murah ya, kenapa saya tidak memilih processor I3? karena nanti pengeluaran akan lebih besar, belum lagi untuk membeli motherboardnya. Processor Intel Core 2 Duo ini menggunakan socket 775.

Motherboard LGA 775 Chipset P35/G31


Saya mencari motherboard socket 775 karena saya memilih processor Core 2 Duo sebelumnya, ya saya lebih dahulu memilih processor ketimbang motherboard. Untuk harga saya lupa berapa tetapi kurang lebih Rp 250.000,00. Saya dapat merek samsung, ada slot PCI-E untuk VGA dan yang saya suka ada 4 slot untuk ram DDR2, lumayan. Dengan VGA yang masih sangat buruk untuk bermain game kalau tidak salah 128mb, tapi lumayan main PES 6 yang tadinya setting low sekarang bisa medium, bahkan saya pernah mencoba bermain PES 2013 menggunakan software Swiftshader yang mungkin kalian pernah dengar, dan hasilnya adalah patah-patah hahaha.

RAM DDR2

Sebenarnya maksimal ram yang bisa dipasang ke motherboard saya itu adalah 8gb (2x4gb). Saya memesan 2x1gb dengan harga masing-masing waktu itu Rp 54.000,00 jadi dikali dua sama dengan Rp  108.000,00. Saya membeli DDR2 karena motherboard yang saya pilih sebelumnya support DDR2

Fan LGA 775

Jangan lupa saya juga membeli fan untuk LGA 775, karena sudah beda model dengan PC saya yang terdahulu jadi saya agak kesusahan saat memasangnya, tapi karena sekarang sudah biasa di rumah maupun di sekolah jadi terasa mudah. Saya mendapatkan fan ini dengan harga Rp 50.000,00 itu untuk yang baru katanya, kalau yang bekas bisa didapat dengan harga Rp35.000,00.

Harddisk Seagate 250GB Sata

Saya dapat harddisk ini dengan harga yang murah menurut saya pribadi, kenapa? karena saya sudah ceritakan bahwa komponen-komponen ini sudah saya cari tau dari spek maupun harga. Dengan harga Rp 150.000,00 murah tapi tidak murahan lah, sudah pasti barang yang saya dapat ini bekas ya.

Power Supply 450W

Ini power supply sebenernya ngga bagus ya, saya beli untuk kelengkapan saja agar komputer dapat menyala. Saya beli dengan harga Rp 32.000,00 saran saya kalian beli power supply yang bagus agar pasokan listrik tercukupi untuk seluruh komponen

Nah itulah komponen yang saya pesan dari tokopedia. Saya memilih menggunakan JNE paket reguler dengan harga Rp 9.000,00/kg x 3 = Rp 27.000,00. Si Pemilik toko itu berada di Bekasi dan saya berada di Tangerang, Ciledug tepatnya. Saya galau, sudah 2 hari barang belum sampai-sampai juga, dan sebuah paket datang saat saya sedang sekolah, jadi paket diterima oleh orang tua saya di hari ke4. Pesan Senin malam dan sampai kamis siang, itungan saya salah tidak ya? mohon dikoreksi jika salah.


Barang Dibuka
Barang Sampai

Saya bersiap untuk merakitnya di rumah, saya sebelumnya memiliki casing bekas PC yang sudah rusak (PC jadul saya ada 2), dan apa yang terjadi? Ternyata tidak pas, jadi mau tidak mau mencabut omongan saya di atas yaitu (tidak cari di toko-toko atau tukang service komputer di pinggir jalan) haha. Saya langsung pergi ke tukang komputer yang dekat sekitaran ciledug, saya beli casing bekas yang ada tinggal satu dan syukur alhamdulillah pas dengan motherboard saya, sekalian beli fan yang besar untuk dipasang di casing. Saya tebus dengan harga casing Rp 60.000,00 dan fan Rp 20.000,00. Sampai sini saya sudah mengeluarkan uang sebanyak Rp 811.000,00 haha masih lebih mahal HP sekarang ya.

Perakitan
Pengkabelan

Selesai saya rakit selama seharian karena saya bingung memasang kabel power di casing ke motherboard dan berhasil setelah saya berkonsultasi dengan si penjual di tokopedia, haha baik ya dia. Selesai merakit itu belum selesai sodara-sodara, saya harus menginstall OS dan saya tidak memiliki DVD-Rom. Saya berpikir dan akhirnya mendapat ide untuk meminjam teman demi penghematan biaya, lagi-lagi ini demi pengiritan dan saya sukses menginstall Windows 7 bajakan. Lumayan lah main GTA, PES 6, dan game-game seperti itu lainnya bisa setting medium atau high, haha sama aja kaya yang jadul.

Dan setelah menabung lagi saya memiliki uang Rp 800.000 sekarang, jadi saya akan bertekad untuk membeli VGA Card dan monitor layar datar, haha monitor saya masih tabung saat itu. Oke saya mulai berkelana lagi di Internet, kali ini saya sudah tidak mencari di Tokopedia lagi, karena tidak ada yang sesuai keinginan dan budget hahaha. Tapi saya berkelana di Kaskus, forum terbesar di Indonesia, ya saya mencari kedua barang tersebut di FJB. Saya terus mencarinya, baik di tempat pkl dan di rumah (waktu itu lagi PKL). Oke saya dapat monitor led nih, lumayan harganya Rp 450.000,00 dan langsung aja chat orangnya dapet net Rp 400.000,00. Setelah setuju kita akan COD di rumah dia yang jauh aja menurut saya(7km) dengan ditemani teman saya, sekarang dapat sudah monitor layar datar hahaha.

Tapi ini masih cupu nih komputer, masa iya cuma buat main game jadul dan nonton film aja. Oke saya harus lebih cepet nyarinya! Sekian lama mencari(2 minggu), dapet nih VGA 1gb harga 400 ribuan. Langsung kita chat lagi orangnya, dapat harga net Rp 385.000,00. Langsung OTW dan kali ini tidak terlalu jauh rumahnya(2km). Langsung aja kita tes barangnya, dan good. Udah ngga sabar mau main PES 2013, setelah dipasang kok layar cuma hitam. Saya tanya penjual VGA nya, dan saya disuruh bawa CPU ke rumahnya. Setelah sekian lama kita mengecek(maksudnya dia), ternyata masalah ada di power supply. Power Supplynya tidak kuat untuk mengangkat VGA nya. Huh, keluar duit lagi deh. Okelah beli Power Supply 500W merek tidak jelas seharga Rp 50.000,00 itu harga kasian mungkin haha.

Karena saya belum memiliki speaker jadi saya juga membeli speaker agar ada suaranya, tidak seru dong main game jika tidak ada suara. Jadi saya membeli speaker kotak yang kecil seperti di warnet merek M-TECH seharga Rp 40.000,00 tetapi kelemahan speaker ini jika di paksakan dengan suara yang terlalu keras suara akan sember atau kresek-kresek.

Total

Total



















Setelah ditotal dan dijumlahkan berarti saya sudah menghabiskan 1,6 juta rupiah. Tidak banyak sebenarnya untuk membuat satu buah PC game, kenapa saya tidak membeli keyboard dan mouse? karena saya masih menggunakan yang lama, jadi tidak saya cantumkan. Jika kalian hanya ingin merakit CPU-nya saja berarti akan lebih murah lagi, jadi uang yang kalian perlukan hanya 1,2 Juta rupiah untuk mendapatkannya.

 Spek PC

Mainboard

Processor

RAM

VGA Card
Dengan dana sedikit seperti itu saya bisa dapat PC yang lumayan untuk bermain game dengan grafis lumayan lah, kemampuan PC menjalankan sebuah game berarti terletak di VGA yang terpenting, tapi bukan berarti yang lain tidak penting ya. Kira-kira seperti ini Spesifikasi komputer saya sekarang.

Tes Game

Saya sudah bisa memainkan game PES 2017 dengan setting High, Sleeping Dogs, NFS 2012, MotoGP 2013, Assassins Creed IV, dan tidak lupa juga game legenda saya PES 6 masih meramaikan game di PC saya, Game-game online juga bisa saya mainkan seperti PB dan FIFA Online dengan lancar.
Tes Hitman Absolution

Tes PES


Kenapa barang bekas/seken semua? Karena sangat sulit bahkan tidak mungkin jika kita ingin mendapatkan sebuah komputer baru dengan spesifikasi dan harga yang sama. Jadi apa salahnya komputer bekas jika bagus, terlebih kita sudah bisa memainkan game-game sekarang. Buktinya saya bisa main PES 2017 dengan settingan High, tapi jika seperti game Assassin Creed IV Blackflag saya harus setting low semua karena memang game tersebut memiliki grafik yang baik sekali menurut saya.

Untuk cara perakitan mohon maaf tidak saya jelaskan, jadi tidak ada salahnya melihat video ini :



Oke saya jelaskan lagi bahwa ini bukan komputer gaming, tapi lumayan untuk bermain game jika anda memiliki budget yang sangat tipis dan ingin memiliki komputer. Mohon maaf jika banyak kekurangan dan kesalahan kata dalam penulisan saya, jika ada yang ingin ditanyakan bisa di kolom komentar. Akhir kata

Wassalamualaikum

13 comments:

  1. Murah aman jadinya yah bang... jadi pengin.. emang harga pc sama laptop lebih mahalan mana sih ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bisa lebih mahal laptop, bisa juga lebih mahal komputer. Tapi menurut saya kalau dengan harga yang sama kita akan dapat spek yang lebih bagus di komputer

      Delete
  2. wah gahar nya sama kaya harganya ya :D

    ReplyDelete
  3. wah gahar nya sama kaya harganya ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gahar ya ngga terlalu mas, tapi lumayan lah buat main game haha :D

      Delete
  4. Sangar hargnya murah banget om, ngerakit sendiri juga punya kepuasan tersendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya memang kalo ngerakit sendiri itu ada kepuasan tersendiri

      Delete
  5. Nih gw jg rakit sendiri gara gara kemaren ujian praktek rakit komputer di sekolah :v

    ReplyDelete
  6. INI POSTINGAN YG PALING BERMANFAAT di awal tahun ini... cz ini bisa jadi kado langkah awal bwt ponakan yg lg penasaran"nya ama dunia pc..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, Terimakasih ya sudah menyempatkan komentar

      Delete
  7. Minta saran bang, mw beli vga nih, komputer saya procesor core2duo 2,9, mobo asus p5kpl-am ram ddr2 2x1gb,vga yg cocok buat pes 2017 lancar jaya set medium/high atau vganya serinya spt punya abang amd seri 5500

    ReplyDelete
    Replies
    1. seri hd5500 untuk medium lancar jaya gan, tapi saran saya kumpulin lagi aja dikit biar dapet yang bagusan.

      Delete

Komentarlah dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti.

P-Luz