Breaking News

Friday, December 9, 2016

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan

menurunkan-berat-badan
Turunkan Berat Badanmu
Banyak orang bertanya “Bagaimana cara cepat menurunkan berat badan?”  Sebenarnya cara menurunkan berat badan itu sebenarnya mudah. Tapi sebenarnya apa yang ada dibenak mereka sampai bisa bertanya seperti itu. Apakah berat badan mereka berlebihan?
Jika iya mengapa mereka tidak mencari tau terlebih dahulu kesalahan yang mereka lakukan hingga berat badan mereka bisa berlebih, atau mungkin Anda sudah proporsional tetapi ingin memiliki badan seperti layaknya seorang model. Dengan mengikuti cara ini, sebenarnya cukup mudah, tetapi harus anda ketahui terlebih dahulu. Yang dibutuhkan di sini adalah ketekunan, karena banyak orang yang menyerah ditengah jalan sehingga perjuangan mereka sebelumnya menjadi sia–sia.

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan

Pengurangan berat badan tidak terjadi dalam semalam (dan jika mungkin, itu mungkin akan merusak diri Anda sendiri). Tetapi jika Anda ingin menurunkan berat badan karena suatu alasan apapun itu, ikuti tips ini untuk memudahkan dan meningkatkan program diet Anda dengan lebih cepat, merampingkan tubuh Anda, dan mengurunkan berat badan Anda dengan menggunakan cara yang sehat.

Berikut ada lah cara untuk menurunkan berat badan secara alami dari makanan:

  • Minum air sebelum makan 

Kita dianjurkan ntuk melakukan minum air sebelum makan makan. Minum air sepanjang hari dan selama makan  dapat mempermudah pencernaan di dalam perut sehingga tepat untuk Anda, tetapi minum selama makan bisa menyebabkan perut menjadi kembung. Tetapi beberapa penelitian menunjukkan menenggak dua gelas gelas air sebelum makan dapat membuat Anda tubuh merasa lebih lengkap dan mudah ketika Anda mengambil suapan yang pertama, menyebabkan Anda jadi makan lebih sedikit dari keseluruhan.

  • Melewatkan makan pagi atau sarapan

Melewatkan Sarapan tidak baik untuk membuat berat badan tubuh Anda turun lebih cepat. Karena tubuh Anda menghemat energi dengan memperlambat metabolisme Anda dan meningkatkan  insulin dalam tubuh. Agama manapun mengajarkan Anda untuk berpuasa, jika akan berpuasa harus didahului dengan sahur, nah sahur ini bisa dikatakan gantinya sarapan.

  • Jangan membuat makan malam Anda dengan makanan yang terlalu berat.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan makanan berat pada saat terakhir, mereka akan kehilangan lebih sedikit berat badannya daripada orang-orang yang makan makanan terberat mereka pada saat awal, terutama karena tubuh akan berbeda pada waktu yang berbeda dan terlebih lagi akan lebih lambat di malam hari.

  • Fokus untuk lebih banyak makan buah dan sayuran.

Makan buah dan sayuran itu penting, karena makanan-makanan itu  lebih sedikit mengandung karbohidrat atau kurang lemak. Anda akan mendapat nutrisi yang Anda butuhkan untuk tubuh.  Anda butuh serat untuk menjaga tubuh Anda untuk tetap melakukan aktifitas.

  • Berhenti minum minuman bersoda

Mengambil istirahat atau bahkan lebih baik berhenti minum–minuman bersoda dan minuman yang mangandung gula (manis) lainnya. Tentu saja air dan teh tanpa gula kurang bahkan tidak enak rasanya, tetapi sangat baik bagi tubuh dan tidak sama dengan minuman seperti Coke atau Frappuccino, tapi menyingkirkan gula dalam minuman adalah cara terbaik untuk mengurangi asupan kalori secara drastis dalam program diet Anda.

  • Rajin makan buah

Makan buah sebagai makanan penutup. Tidak ada yang mengatakan makanan yang membuat gigi Anda manis akan mengacaukan dan menggagalkan program diet Anda, malah Anda akan lebih cepat menurunkan berat badan jika Anda menekankan makanan Anda dengan buah-buahan kaya serat.

  • Mengganti makanan ringan yang asin dan gurih

Daripada Anda memakan makanan seperti makanan ringan yang tidak ada manfaatnya selain hanya mengenyangkan tubuh, lebih baik Anda ganti cemilan Anda dengan wortel atau mentimun ataupun tomat. Karena buah – buahan dan sayuran adalah sumber dari berbagai vitamin dan nutrisi.

  • Pelan – pelan ketika Anda makan

Perut anda membutuhkan waktu untuk memberitahu otak ketika makanan sampai di perut Anda, bahwa Anda sudah tidak lapar. Jadi jangan tergesa–gesa ketika makan karena bisa jadi tubuh anda yang seharusnya sudah kenyang, tetapi respon belum sampai ke otak jadi ketika respon kenyang dari perut sampai ke dalam otak Anda, Anda jadi merasa sangat kekenyangan. Hal itu sangat tidak baik dan tidak dianjurkan, jadi mulai sekarang jika makan harus pelan–pelan saja dan jangan tergesa - gesa.

  • Puasa

Semua agama mengajarkan dan menganjurkan umatnya untuk berpuasa, karena dibalik itu semua Tuhan punya maksud tersendiri yang kitaketahui. Puasa dilakukan untuk membuat kita paham bagaimana penderitaan orang–orang yang susah dari segi ekonomi, sehingga tak jarang mereka harus mau tidak mau menahan lapar. Tetapi ternyata puasa memberikan banyak manfaat untuk tubuh, puasa dapat mengistirahatkan organ–organ pencernaan kita. Dan merupakan salah satu cara diet yang baik, karena kita tidak boleh makan dan minum selama lebih dari 12 jam lamannya.


Itu tadi cara menurunkan berat badan dari makanan. Nah agar bisa lebih cepat kenapa tidak kita tambahkan dengan hal–hal di bawah ini, karena hal–hal ini juga cukup berpengaruh pada

#Membuat pola tidur yang benar.

Bila Anda tidak tidur dengan cukup (dan ambang batas waktu berbeda untuk setiap orang), hormon yang mengatur nafsu makan Anda menjadi kacau semua. Tidur yang baik adalah tidak kurang dari enam jam dalam satu hari. Dan ketika Anda tidur, jangan  meletakkan gadget anda di dekat anda karena akan mengganggu kualitas tidur anda.

#Fokus pada tujuan bukan pada Skala. 

Jika Anda memiliki alasan yang nyata untuk menurunkan berat badan, dan Anda mengukur kemajuan Anda pada skala yang tidak mau mengalah, Anda akan mendapatkan kecewa dalam waktu yang cukup cepat. Jadi Anda harus fokus dan tidak terpaku pada skala diet anda

Tidak ada salahnya jika diet Anda disertai dengan olahraga – olahraga berikut 

Berikut ini adalah contoh olahraga dari panduan buku yang dibuat oleh Deddy Corbuzier yaitu OCD. Bagi yang menganggap OCD itu hanya puasa saja, anda jelas salah besar. Karena diet OCD perlu dibarengi dengan olah raga seperti :

Jumping Jack

Jumping Jack
 Cara melakukan latihan jumping jack ini adalah dengan cara berdiri tegap dengan posisi yang siap namun tetap santai dan rileks. Setelah melakukan itu lakukan lagi lompatan kecil. Selama tubuh kita berada di udara, rentangkan kaki dengan lebar lebar selebar-lebarnya jika mampu. Sembari merentangkan kaki, angkat juga kedua tangan ke atas kepala dengan santai dan rileks.
Ketika kaki kita sudah sampai bawah dan menyetuh permukaan lantai, disaan itu juga kedua tangan kita bisa kita pertemukan di atas kepala. Setelah itu, lakukan lompatan kembali kecil agar bisa berada pada posisi siap seperti semula. Anda bisa melakukan latihan ini berkali-kali semampu anda. Tapi dalam buku OCD anda cukup melakukan selama 30 detik saja.

Wall Sit

Wall Sit
 Gerakan ini cukup mudah, hanya dengan duduk di tembok kamu bisa mendapatkan manfaat dari gerakan ini. Duduk di tembok? Maksud saya itu tidak benar–benar duduk di tembok, tetapi Anda hanya melakukan gerakan seperti orang duduk tetapi hanya bertumpu pada kaki dan punggung yang disenderkan di tembok. Dalam buku OCD anda hanya perlu melakukan gerakan Wall Sit selama kurang lebih 30 detik saja.

Crunch

Crunch
 Crunch dapat dimulai dengan berbaring telentang di lantai atau matras dengan lutut ditekuk. Gerakan dimulai dengan  mengangkat kepala, tangan dapat diletakkan di belakang kepala atau samping leher atau menyilang di depan dada. Kepala di angkat seperti sit up, tetapi kaki juga harus digerakkan ke atas bersamaan dengan kepala. Kepala bisa di arahkan ke samping kanan atau kiri secara berganti–gantian. Cukup lakukan gerakan Crunch kurang lebih selama 30 detik juga.

Push Up

Push Up
Push up adalah suatu jenis latihan gerakan senam kekuatan yang berfungsi untuk menguatkan otot bisep maupun trisep pada tangan, latihan ini juga dapat digunakan untuk mengencangkan otot bagian atas atau dada. Posisi awal push up yaitu dengan tidur tengkurap dengan tangan di sisi kanan dan kiri badan. Kemudian setelah itu badan didorongkan ke atas dengan kekuatan kedua tangan. Posisi kaki dan badan tetap lurus atau tegap jangan sampai jatuh. Lalu setelah itu, badan diturunkan dengan tetap menjaga kondisi badan dan kaki tetap lurus dan sejajar. Badan diturunkan tanpa menyentuh atau mengenai lantai atau tanah. Naik lagi dan dilakukan secara berulang-ulang. Cukup lakukan kegiatan push up ini selama kurang lebih 30 menit juga.

Squat

Squat
   Squat adalah gerakan latihan yang cukup mudah, tetapi banyak orang melakukan kesalahan dalam latihan yang satu ini. Squat adalah gerakan seperti jongkok dan berdiri secara berulang–ulang, bisa ditambahkan beban agar hasil latihan lebih maksimal lagi nantinya. Dalam melakukan squat punggung harus tetap lurus, jangan sampai menekuk karena itu adalah suatu kesalahan. Fokus menggunakan otot–otot bagian bokong untuk mengangkat tubuh kembali ke posisi awal yaitu berdiri. Perhatikan bagian lutut, jangan sampai tertekuk secara spontan,  karena dapat mengakibatkana cidera. Cukup lakukan latihan squat selama kurang lebih 30 detik saja untuk melatih otot bagian bawah.

 

Trisep 

Trisep
Trisep, Apa Anda tau trisep itu apa? Trisep adalah gerakan yang hampir sama dengan push up, tetapi bedanya ini dilakukan secara terbalik dan menghadap ke atas. Bagaimana caranya? dengan menggunakan kursi. Tangan kita sebagai tumpuan di kursi, badan menghadap atas ataupun depan. Lakukan gerakan mendorong pada tangan agar badan kita terangkat, dan turunkan kembali bagaimana selayaknya gerakan push up yang terbalik. Kaki harus lurus dalam melakukan gerakan ini. Lakukan gerakan Trisep selama kurang lebih 30 detik saja untuk melatih otot atas.


Naik Turun tangga

Naik Turun Tangga
Naik turun tangga ini adalah salah satu olahraga paling mudah yang bisa kita lakukan, hanya dengan menaiki dan menuruni anak tangga kita bisa berolahraga. Jika tidak ada tangga bisa kita gunakan kursi, cukup menaikki tangga dengan kaki kiri atau kanan lalu diikuti oleh kaki lainnya. Lakukan gerakan naik turun tangga secara berganti–gantian selama kurang lebih 30 detik saja sudah cukupuntuk melatih otot – otot kaki.


Planking 

Plank
Planking atau plank adalah salah satu gerakan untuk mengencangkan perut, gerakan nya mudah hanya perlu menahan badan agar tetap diam. Pertama posisikan badan seperti gerakan ingin push up, tetapi hanya menahannya saja. Dan menahannya pun bukan menggunakan telapak tangan, tetapi dengan kedua siku. Kedua tangan diletakkan di lantai atau matras, lalu badan lurus sampai ke kaki seperti gerakan push up. Lakukan gerakan Planking ini kurang lebih selama 30 detik saja untuk melatih keseimbangan otot.

Side planking  

Side Plank
Side Plank merupakan gerakan variasi lain dari gerakan plank biasa, gerakan side plank sendiri menjadikan satu tangan untuk digunakan menjadi penahan beban tubuh dalam posisi miring (bisa ke kanan atau ke kiri). Latihan ini cukup mudah, sama seperti plank biasa berguna untuk menguatkan otot perut. Rebahkan tubuh dan gunakan salah satu tangan (sikut) kalian sebagai penahan.angkat tubuh anda ke atas dan luruskan tubuh anda. Tangan satunya bisa diletakkan di bagian samping. Lakukan ini bergantian antara tangan kiri dan kanan. Lakukan latihan Side Plank masing-masing 30 detik untuk satu tangan untuk melatih seluruh tubuh khususnya bagian samping.

 

Push up & Rotation

Push Up & Rotation
Latihan push up & rotation ini agak berbeda dengan push up biasa, karena push up kali ini menggunakan rotasi atau dalam kata lain perubahan gerakan. Cukup lakukan latihan push up & rotation selama kurang lebih 30 detik saja untuk melatih otot atas.

Lunge   

Lunge
Lunge merupakan salah satu latihan yang bisa digunakan dengan mudah. Latihan ini berfungsi untuk mengencangkan otot di bagian bawah (kuadrisep, pantat,betis dan paha belakang). Latihan ini tergolong aman karena gerakannya sederhana dan mudah dilakukan. Diawali dengan posisi berdiri tegak dan punggung tetap lurus selama melakukan latihan ini. Kemudian langkahkan kaki kanan atau kiri ke depan, condongkan tubuh ke depan sampai anda bertumpu pada kaki depan Anda. Turunkan tubuh hingga lutut kanan membentuk sudut 90 derajat dan lutut kiri juga membentuk sudut 90 derajat tetapi dalam arah yang berlawanan. Lakukan ini berganti–gantian dari kaki kiri ke kaki kanan. Cukup lakukan latihan lunge ini selama kurang lebih 30 detik saja untuk melatih otot bawah.

High Knees Running in Place 

High Knees Running in Place
High Knees Running in place adalah gerakan Lari di tempat, tetapi lari di tempat kali ini agak sedikit berbeda. Karena gerakan kakinya yaitu diharuskan untuk mengangkat dengkul atau lutut setinggi–tingginya. Seperti gerakan berlari yaitu kaki kanan dan kaki kiri secara bergantian diangkat ke atas. Lakukan gerakan ini selama kurang lebih 30 detik saja sebagai bentuk dari latihan kardio.






Contoh latihan dalam bentuk video :


Lakukan latihan di atas setiap hari atau bahkan lebih baik di selingi latihan beban dan latihan yang lainnya. Sehari latihan OCD besoknya latihan beban. Dalam melakukan olah raga di atas untuk diet sebenarnya mudah, tetapi terkadang orang-orang hanya ingin mendapatkan hasil dengan cepat, tetapi baru latihan sebentar saja sudah bermalas–malasan. Tentukan jadwal dan waktu latihan Anda agar tidak mudah putus asa, semakin anda sering dan terlatih maka Anda akan semakin mudah melakukannya.

Diet yang sebenarnya itu 70% adalah ada di pola makan kita. Kenapa orang banyak yang kelebihan pola makan? Karena mereka tidak memperhaatikan pola makannya. Saya sering makan, tetapi saya tetap kurus, karena saya punya pola makan tersendiri seperti yang tadi saya jelaskan. Dan 30% itu dari olah raga, ya olah raga itu berfungsi mengencangkan otot–otot agar tubuh menjadi indah. Kalau hanya ingin kurus sebenarnya hanya dengan menjaga pola makan sudah bisa kurus, dan jika ditambah dengan olah raga maka tubuh anda akan menjadi kencang dan indah.

2 comments:

  1. Cara yang paling ampuh dengan membiasakan puasa kayanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benar, karena semua agamapun mengajarkan umatnya untuk berpuasa

      Delete

Komentarlah dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti.

P-Luz