Breaking News

Wednesday, December 14, 2016

Pengertian PING (Packet Internet Gopher)

Pengertian PING (Packet Internet Gopher)

Assalamualaikum
Selamat datang kembali sodara-sodara di blog saya tercinta. Kali ini saya akan membahas tentang Packet Internet Gopher atau yang sering kita sebut dengan PING.

Packet Internet Gopher atau yang sering kita singkat dengan PING adalah sebuah program utilitas yang dapat kita digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas atau alat ini, kita dapat menguji apakah sebuah komputer terhubung dengan dengan baik ke komputer lainnya. Hal ini dilakukan dengan cara mengirim sebuah paket kepada alamat IP yang hendak di uji coba konektivitasnya dan menunggu respon darinya.

Sejarah

Mike Muuss membuat program ini pada bulan Desember 1983, sebagai sarana untuk mencari sumber masalah dalam suatu jaringan. Menurutnya, nama "PING" berasal dari suara echo (sonar) sebuah kapal selam yang jika sang operator mengirimkan sumber suara ke arah sebuah sasaran maka suara tersebut akan memantul dan diterima kembali ketika telah mengenai sasaran dalam jangka waktu tertentu.






Contoh

Utilitas ping akan menunjukkan hasil yang positif jika dua atau buah komputer saling terhubung di dalam sebuah jaringan. Hasil berupa statistik keadaan koneksi kemudian ditampilkan di bagian akhir. Kualitas koneksi dapat dilihat dari besarnya waktu pergi-pulang (roundtrip) dan besarnya jumlah paket yang hilang (packet loss). Semakin kecil kedua angka tersebut, semakin bagus kualitas koneksinya.

Contoh Ping pada Linux terhadap www.google.com

 

 

 

 

 

 

Contoh Ping pada Microsoft Windows XP terhadap www.google.com










Saya rasa cukup sekian untuk artikel mengenai Packet Internet Gopher atau yang sering kita sebut dengan PING ini, anda bisa baca lebih lengkap di Wikipedia. Akhir kata saya ucapkan

Wassalamualaikum.

1 comment:

Komentarlah dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti.

P-Luz