Breaking News

Saturday, December 10, 2016

Cara Melakukan Shooting dengan Keras

Cara Menendang Bola dengan Keras dan Tepat Sasaran

Halo Assalamualaikum...
Selamat datang kembali di blog saya yaitu Cara P-Luz. Ya, dan kali ini saya akan membahas tentang olah raga. Siapa sih yang tidak suka ber olah raga? Jawabannya adalah hanya orang – orang yang malas. Sudah diketahui oleh semua orang bahwa olahraga itu menjadikan tubuh lebih sehat. Kenapa? Karena raga atau yang kita sebut tubuh itu akan diolah melalui kegiatan olah raga. Olah raga itu ada banyak macam dan jenisnya, ada yang untuk kesehatan saja dan ada yang dijadikan sarana bermain dan hiburan. Contohnya adalah futsal, yaitu olah raga variasi yang berasal dari sepak bola yang di mainkan di sebuah lapangan kecil.

Baca untuk mengetahui : Sejarah Futsal

Di zaman sekarang banyak sekali orang yang menyewakan lapangan futsal, hal ini disebabkan karena sekarang banyak orang yang hobi futsal, baik yang hanya untuk hiburan melepas penat sampai yang dijadikan ajang taruhan pun ada. Tetapi saya sering lihat orang – orang main futsal, tapi banyak yang tendangannya lembek atau pelan. Kenapa? Kebanyakan dari mereka tidak mengetahui teknik – teknik dalam menembak atau shooting, hal ini perlu dijadikan sebagai koreksi agar bisa bermain dengan lebih baik lagi.

Cara shooting dengan keras. 

Mungkin anda bisa sampai ke blog ini karena mencari cara agar bisa melakukan shooting dengan keras. Tapi sebelum itu ada beberapa hal yang perlu saya ingatkan, dalam bermain futsal itu tidak harus selalu menembak dengan keras. Coba kita tonton liga futsal di Indonesia, banyak juga kiper yang ke bobolan dengan tendangan yang cukup pelan, tapi lain lagi jika liga futsal di luar negeri yang kebanyakan gol - nya tercipta dari tendangan maut, jika anda bukan seorang kiper mungkin akan sangat takut.
Baik saya akan coba beri sedikit tips yang saya sering saya gunakan dalam menendang bola futsal yang mungkin akan berguna bagi anda dalam melakukan tendangan.
 

Baca untuk mengetahui : Syarat dan Peraturan Futsal

Tendang dengan bagian depan sepatu atau tajong

Tendangan dengan bagian depan sepatu atau tajong ini adalah salah satu tendangan favorit saya untuk mencetak gol. Kenapa? Karena tendangan seperti ini yang resikonya paling kecil untuk cidera menurut saya. Karena kemungkinan kaki kita menyerok atau mengenai permukaan lapangan akan semakin kecil, dan bola pun akan melesat dengan cukup kencang, tapi bola lebih sering mendatar dari pada naik karena saya lebih seing menendang bagian bola agak atas, jadi bola tetap datar tapi keras. Pertama untuk melakukan tendangan ini adalah dapat kan posisi yang enak dan pas, lalu ambil ancang – ancang dan tembak bola sekeras – kerasnya dengan bagian ini. Lakukan tendangan sambil beri dorongan tenaga dari otot paha dan betis anda. Cukup mudah untuk dilakukan, lakukan latihan tendangan seperti ini sampai kalian terbiasa.   

Tendang dengan bagian samping atau kaki dalam

 Tendangan dengan bagian samping atau kaki dalam ini adalah tendangan yang mudah, tetapi perlu banyak latihan agar benar – benar mahir melakukannya. Tingkat akurasi pun yang paling baik menurut saya, tapi di balik itu ini adalah tendangan yang tidak cukup keras. Sebab biasanya saat kita melakukan tendangan seperti ini, badan kita akan menjadi miring dan kadang tidak seimbang, jadi fokus kita terbagi untuk menyeimbangkan badan kita. Cara melakukannya mudah, cukup arahkan kaki bagian dalam  ke arah bola dan tendang ke gawang. Saya sarankan lebih baik tidak usah sekuat tenaga dalam melakukan tendangan dengan cara ini, kenapa? Karena tendangan seperti ini biasanya dilakukan dari jarak dekat dan biasanya posisi kita ada di samping gawang. Lebih baik tingkatkan akurasi kalian ke arah mana akan menendang dari pada harus bersusah – susah sekuat tenaga melakukan shooting yang belum tentu gol. Sebenarnya tendangan dengan kaki bagian dalam itu lebih cocok untuk melakukan operan kalau dalam futsal, tetapi berbeda dalam sepak bola yang notabene bola nya lebih ringan. Tendangan seperti itu disebut plessing, dan sering digunakan oleh neymar.

Tendang dengan punggung kaki atau kura - kura

Tendangan dengan punggung kaki atau kura – kura ini mungkin yang paling banyak digunakan oleh penendang – penendang jitu yang memiliki tendangan super keras. Hampir sama dengan tajong atau tendangan dengan bagian depan, tetapi gerakannya agak sedikit berbeda di karenakan bagian kaki yang digunakan pun berbeda. Saya kurang suka melakukan tendangan seperti ini, Kenapa? Karena resiko yang terlalu tinggi buat saya pribadi. Niat ingin mencari hiburan dan keringat, malah bisa jadi penyakit kalau salah tendang. Tapi untuk kalian yang ingin punya tendangan yang keras harus latihan tendangan seperti ini, karena ini adalah tendangan terbaik jika anda ingin dan suka melakukan shooting dengan keras. Caranya adalah arahkan punggung kaki ke arah bola, lalu tendang bola ke arah gawang dengan sekeras – kerasnya dengan sepenuh tenaga. 

Semua tendangan di atas memerlukan latihan yang rutin, agar tendangan anda semakin keras. Dalam menendang secara keras diperlukan kekuatan kaki yang baik, jadi coba atur berat badan anda agar tetap selalu seimbang dan latih otot – otot bawah (khususnya betis). Kalian bisa baca cara mengencangkan otot bagian bawah di sini. Masih banyak sebenarnya hal yang ingin saya beri tau dan sampaikan, tetapi untuk kali ini saya sampaikan cara menendang dengan keras saja terlebih dahulu. Untuk trik dan tips lainnya mungkin akan saya sampaikan lain waktu.
 

Wassalamualaikum.






1 comment:

Komentarlah dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti.

P-Luz